RSS

Tumbuh Kembang (Tumbang)

PERTUMBUHAN

Kuantitatif  → Dapat diukur
Perubahan fisik yg tjadi Prenatal sd Dewasa lanjut. (kemajuan dan kemunduran, Potter n Perry 2009)
↑Ukuran sel → Peningkatan ukuran fisik Individu
↓Ukuran sel → Penurunan ukuran fisik Individu
Indikator: Perubahan TB, BB, gigi, Struktur Skelet, dan karakteristik seksual

PERKEMBANGAN

Bersifat kualitatif
Adaptasi progresif terhadap lingkungan.
Indikator: ↑ kapasitas fungsional terhadap ketrampilan.
Perubahan bentuk dimulai saat konsepsi dan berlangsung sepanjang masa kehidupan (Potter n Perry, 2009)

Teori Perkembangan :

  • Teori Perkembangan biofisik : Tubuh berkembang scr fisik dan berubah.
  • Teori Perkembangan Gessell: Setiap anak mempunyai ciri khas yg berkaitan dg aktivitas GENETIK
  • Proses fisiologis pd anak : Motorik,    Bahasa, adaptasi, dan Pribadi-sosial. Diobservasi dg DDST
  • Teori Psikolitik/psikososial : M’gambarkan perkembangan manusia dar sudut kepribadian, pemikiran, dan tingkah laku.

Prinsip Tumbang

Tumbang merupakan hal yg teratur dan mengikuti rangkaian tertentu. Tumbang merupakan sesuatu yg terarah dan berlangsung terus menerus .
Tumbang → hal kompleks, dapat diprediksi, terjadi dg pola yg konsisten, dan kronoligis.

Hal yg unik untk individu dan untuk potensi genetik. Individu cenderung untk mencari potensi maksimum.
Terjadi melalui konflik dan adaptasiTantangan dan tugas →umur dan kemampuan.
Tugas perkembangan membutuhkan praktik dan tenaga. Fokus → Berbeda.

Jenis-jenis Tumbang :

  • Cephalocaudal→ Pertumbuhan berlangsung terus dari kepala ke arah bawah bagaian tubuh.
  • Proximodistal: →Perkembangan berlangsung terus dari daerah pusat(proximal) tubuh kearah luar(distal).
  • Diferentiatio: Perkembangang berlangsung teru dari hal mudah → Hal sulit

Faktor yang mempengaruhi Tumbang :

  • Faktor Kekuatan alami
    1. Hereditas
    2. Tempramen
  • Kekuatan Eksternal
    1. Keluarga
    1. Kelompok teman sebaya
    2. Pengalaman Hidup
    3. Kesehatan lingkungan
    4. Kesehatan prenatal
    5. Nutrisi
    6. Istirahat, tidur dan olahraga
    7. Status kesehatan
    8. Lingkungan tempat tinggal

 Periode usia Perkembangan :

  • Masa Konsepsi : Lahir
  • Germinal : Konsepsi → ± 2 minggu
  • Embrionik: 2-8 minggu
  • Fetus: 8-40 minggu

Periode usia Perkembangan : Periode yg paling GENTING: ↑ cepat, Tergantung total, Perawatan Prenatal sangat penting

Periode Bayi (lahir Sd 18 bulan) : Neonatus : lahir sd 28 hari.
Bayi: 1 sd mendekati 18 bulan.
P’kembangan: motorik, kognitif, dan sosial yg cepat.
Hub. Timba balik : dasar kepercayaan, dasar hub Interpersonal.
Masa kritis

Masa Kanak2 awal (1-5 th)Toddler: 1-3 tahun.
Prasekolah: 3 sd 5 tahun.
↑ daya gerak, ↑ motorik stabil.
Penandaan pengembangan fisik dan kepribadian.
↑ Bahasa dan perluasan hub sosial, belajar, standar peran, ↑ kontrol diri dan perasaan, sadar jika ketergantungan dan mandiri,mengembangkan konsep diri.

Masa kanak2 pertengahan (6-12th) :
Disebut juga usia sekolah
Terdapat kematangan yg stabil pd pkembangan fisik, mental dan perkembangan sosial.
Kerja sama sosial dan perkembangan moral yg lebih awal mjd lebih penting dlm hub dg kehidupan yg akan datang.
Periode krisis perkembangan konsep diri

Masa kanak2 akhir (12-21th) :

  • Pra remaja : 10-13th
  • Remaja : 13-18 th
  • Remaja akhir : 18-21th
  • Pubertas→masuk dewasa.
  • Definisi ulang konsep diri
  • Maturasi fisik dan kepribadian
  • Internalisasi
  • Bfokus pada diri sendiri
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 1,048,044 hits
  •  
    %d blogger menyukai ini: